Pembahasan KUA-PPAS 2023 kembali dilanjutkan, Pemkot Targetkan Enam Prioritas Pembangunan

Info Gorontalo (IG) - Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), Senin (01/08/2022) sudah masuk pembahasan yang ketiga oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Gorontalo bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta segenap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Pembahasan dalam KUA berisi target-target acuan dari rencana pembangunan nasional, rencana pembangunan provinsi, rencana pembangunan kabupaten/kota, serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang kemudian ditetapkan prioritas pembangunan setiap tahunnya.

"Dalam KUA, ada target-target acuan dari pembangunan di daerah yang pertama ada rencana pembagunan nasional, turun ke rencana pembangunan provinsi, selanjutnya rencana pembangunan kota/kabupaten, lalu RPJMD, kemudian setiap tahun ada prioritas pembangunan," ujar Anggota Banggar, Erman Latjengke usai Rapat Banggar ketiga di Aula I DPRD Kota Gorontalo.

"Ini masih sebatas KUA-PPAS yang dibahas terutama mengenai target kebijakan pemerintah kota terkait program yang diintervensi dengan anggaran," imbuhnya.

Erman juga menuturkan, untuk tahun anggaran 2023, ada enam prioritas pembangunan yang akan dijalankan pemerintah kota, yakni Sumber Daya Manusia (SDM), Infrastruktur, pendidikan, ekonomi, reformasi birokrasi, serta penguatan peran agama dan budaya.

"Kalau ditargetkan ada enam prioritas pembangunan di 2023, diantaranya terkait SDM, ekonomi, infrastruktur, pendidikan dll," jelasnya.

Selanjutnya, Erman juga mengatakan, pembahasan KUA-PPAS 2023 ini akan diselesaikan secepatnya sebelum batas penetapannya di minggu kedua bulan Agustus.

"Ini sudah pembahasan ketiga. Akan dilanjutkan besok sampai batas penetapan KUA-PPAS minggu kedua Agustus. Semoga akan terlaksana tepat waktu," pungkasnya.

Laporan : Gita

Simak video selengkapnya di Channel Youtube Info Gorontalo, Jangan lupa Like, Share Dan Subscribe