Pemkot Gorontalo Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama Jejaring Pengampuan Pelayanan Prioritas Kesehatan

Info Gorontalo - Pemerintah Kota Gorontalo yang diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan , dan Pelatihan (BKPP), Ben Idrus menandatangani nota kesepakatan bersama jejaring pengampuan pelayanan prioritas kesehatan, Kamis (7/9/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Q tersebut turut dihadiri oleh direktur rumah sakit pengampu nasional, rumah sakit pengampu regional, serta direktur beberapa rumah sakit di Provinsi Gorontalo, diantaranya Rumah Sakit Aloei Saboe, Rumah Sakit Otanaha, Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie, Rumah Sakit Pof. MM. Dunda Limboto, Rumah Sakit Tani dan Nelayan Boalemo, serta Rumah Sakit Toto Kabila. 

Penandatanganan nota kesepakatan tersebut merupakan salah satu program menteri kesehatan dengan melakukan transformasi layanan rujukan untuk mewujudkan pemerataan layanan rujukan rumah sakit melalui optimalisasi jejaring rumah sakit nasional.

Selain itu, kesepakatan tersebut tentunya merupakan upaya dari Kementrian Kesehatan dalam hal peningkatkan mutu pelayanan kesehatan di berbagai rumah sakit.

Adapun yang menjadi prioritas layanan rujukan yakni pelayanan untuk 10 penyakit kronis, diantaranya; stroke, kanker, kardiovaskular, infeksi emerging, kesehatan ibu dan anak, kesehatan jiwa, uronefrologi, respirasi dan tuberkulosis, diabetes mellitus, dan gastrohepatologi.

Melalui program ini, pemerintah kota gorontalo berharap pelayanan kesehatan khususnya yang ada di Rumah  Sakit Aloei Saboe dan Rumah Sakit Otanaha dapat lebih optimal kedepannya.