Alwi Podungge Minta Perindag Lakukan Penataan Pasar Sentral

Info Gorontalo (IG) - Penataan Pasar Sentral mulai dipersiapkan, Komisi B menggelar rapat bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) terkait penataan pedagang di Pasar Sentral, Selasa (10/01/2023).

Proyek Pasar Sentral yang telah masuk dalam tahapan serah terima sementara pekerjaan/Provisional Hand Over (PHO), mulai di tentukan jumlah pedagang yang akan diakomodir di dalamnya.

Ketua Komisi B, Alwi Podungge mengatakan, dengan desain pasar yang modern, tentunya perlu didukung dengan adanya penataan yang baik di dalamnya.

"Pasar sentral itu sudah termasuk pasar modern, jangan sampai kemodernan itu terhentikan dengan keadan didalamnya yang semrawut, untuk itu kami inginkan penataan yang terbaik di dalamnya," ujar Alwi.

Dengan kondisi pasar yang berwajah moderen itu, disertai kelengkapan fasilitas dan keamanan, pihaknya meminta kepada Pemerintah Kota Gorontalo agar mengikuti regulasi yang telah disepakati, sehingga tidak terjadi kegaduhan.

"Artinya, pasar ini harus dikelola secara profesional melihat representatif bagunannya yang sangat megah, sehingga Komisi B dalam rapat ini mengundang Disperindag dan ketua asosiasi sehingga nantinya tidak akan ada ke salah kaprah-an yang nantinya akan menimbulkan kerusuhan dan kerusakan, " Papar Alwi

Karena sebelum direvitalisasi Pasar Sentral telah di tempati oleh lebih kurang 1000 pedagang, untuk itu Alwi meminta kepada Disperindag Kota Gorontalo untuk memprioritaskan pedagang lama tersebut yang telah menempati pasar sentral sebelum adanya revitalisasi bangunan.

Terakhir, anggota legislatif fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara intensif terkait pembagian serta penataan lapak tersebut.

"Komisi B akan terus mengawal terkait penempatan pedagang Pasar Sentral ini, jangan sampai nantinya tidak akan ada pedagang baru yang tiba-tiba bermunculan menempati lapak-lapak yang disediakan," tandasnya.

Penulis : Gita Maghfira

Editor : Ferry

Simak video selengkapnya di Channel Youtube Info Gorontalo, Jangan lupa Like, Share Dan Subscribe